Minggu, Januari 25, 2009

Cara atasi koneksi modem HP Nokia N70 IndosatM2 yang error

Sejak Desember koneksi IndosatM2 (IM2 Unlimited) mulai lambat, dan terkadang saat melakukan dial susah terkoneksi. Tips ini sebenarnya sudah saya terapkan sejak desember 2008 lalu, dan hasilnya koneksi Internet IM2 Unlimited saya sedikit lebih cepat, serta permasalahan login akhirnya teratasi.Tips ini mungkin tidak berfungsi baik di hp anda. Tips ini mungkin aneh karena saya mencoba menggabungkan antara DNS private dan Open DNS. Awalnya sebelum menerapkan tips ini, saya penasaran kenapa im2 susah login, untuk mengujinya, saya mencoba pakai kartu mentari saya ternyata koneksinya bagus, saya belum yakin kemudian saya coba setting kartu as sebagai telkomselflash ternyata juga bagus koneksinya. jadi asumsi saya bahwa modem handphone N70 saya tidak ada masalah.

Saya akhirnya berasumsi mungkin koneksi IndosatM2 lambat karena sudah banyak yang berlangganan,(Ini penyakit kambuhan orang Indonesia yang cenderung mau enak dan mendapatkan hasil yang bagus tanpa kerja keras, saya sendiri kadang mengalami hal ini mudah-mudahan anda termasuk pekerja dan pemikir yang positif).Saya coba bandingkan kenapa IM2 bermasalah tetapi kartu As dan mentari tidak bermasalah.

Akhirnya saya ketemu pada satu permasalahan saya cek setting DNS di Laptop saya dan setting DNS di handphone, dan ketemulah inti permasalahan ini. Ternyata penyebabnya setting DNS IM2 Unlimited ada masalah.


Saya mencoba gunakan Mr. google untuk mencari informasi tentang artikel komputer yang berhubungan dengan koneksi internet modem akhirnya dapat titik cerah tentang DNS IndosatM2 (Open DNS), saya dapat Informasi Open DNS dan dns indosat di forum kaskus

Saya coba terapkan Open DNS tersebut malah koneksi gagal total, satu hari tidak bisa browsing, Untung saya sempat catat private DNS IndosatM2 Unlimited di komputer sebelum saya ganti,Malam itu terpaksa saya hanya nonton film oshin yang pernah saya download dari indowebster (saat itu ceritanya sunzaku mati ditembak polisi militer jepang, karena tidak mau ikut berperang, tapi oshin selamat, karena kalau mati pasti filmnya selesai, padahal dulu saya sempat ingat film ini ada sekitar 600an episode, sekedar nostalgia) . Sekarang lanjut ke masalah koneksi HP. Besoknya saya coba masukkan private DNS tersebut, dan lumayan bisa terkoneksi lagi tapi lambatnya bikin frustasi.

Selanjutnya saya coba ganti setting DNS di handphone ke DNS private demikian pula dengan setting DNS di komputer, dan alhamdulillah bisa terkoneksi dengan mulus tetapi kadang masih perlu dial 2 sampai 3 kali baru bisa terkoneksi ke internet, dan lebih menyenangkan lagi koneksi internet sudah agak lebih cepat dibanding jika menggunakan setting defaultnya.

Saya tidak menjamin settingan ini berlaku (belum tentu berfungsi baik di komputer anda), karena saya hanya mencobanya di komputer saya. Jika tidak berfungsi dengan baik bisa anda kembalikan settingan ke kondisi defaultnya. Lihat pada bagian no.3 (di bawah)

Jika ada diantara teman-teman yang mau mencoba cara yang saya gunakan bisa ikuti prosedur berikut: (Mohon maaf karena saya harus memisah menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu panjang postingannya, dan loadingnya bisa lebih cepat sedikit, maklum hanya blog gratisan).
1. Cek dulu DNS IndosatM2 di komputer anda (Ini hanya bisa dilakukan saat online, untuk no.2 dan 3 saat offline ), panduannya bisa dilihat disini Cek dns indosatm2 (im2)
2. Setting DNS IndosatM2 di handphone,klik disinisetting dns im2
3. Setting DNS IndosatM2 di komputer,klik disini setting dns di komputer


Mudah-mudahan koneksi IM2 anda bisa sukses...,selamat mencoba





Artikel Terkait :



2 komentar:

Anonim mengatakan...

hmmmm,,

sebenarnya saya juga udah punya pemikiran yang sama, soal sering susah connect.

tapi selama ini belum kepikiran mau digimanain.

THANKS YA!!!
harus dicoba ni

chandra mengatakan...

Udha w cBa pake NOKIA N70 Dgn sim card as, tpi kuk eror mulu yha,.?