Kamis, April 23, 2009

Menggunakan Irfan View sebagai image viewer

Mungkin masih jarang diantara teman yang menggunakan software Irfan View, saya yakin sebagian diantara teman-teman banyak menggunakan ACD See untuk melihat gambar di komputer anda. Jika ACDSee adalah software berbayar, tetapi Irfan View adalah software gratisan yang fungsinya tak kalah bagus dibanding ACDSee, bahkan IrfanView mendukung file image yang lebih banyak dibanding ACDSee.

IrfanView merupakan perangkat lunak gratisan untuk membuka atau membaca gambar yang dapat diinstal di sistem operasi Microsoft Windows, selain membaca gambar juga dapat digunakan untuk mengubah dan mengkonversikan file gambar serta memainkan file-file format video/audio. Kelemahannya : tidak bisa digunakan untuk membuat gambar dan fasilitas pewarnaan lainnya seperti yang disediakan Adobe Photoshop, Pixel image editor, Paint.NET ataupun GIMP. IrfanView dirancang sebagai aplikasi penampil gambar/pemutar video/audio dengan ukuran yang ringan namun memiliki kecepatan yang tinggi, mudah digunakan, bisa menampilkan banyak variasi format file-file gambars. Aplikasi tersebut pertama sekali dibuat pada tahun 1996.

Program aplikasi tersebut dinamai sesuai dengan nama pembuatnya, Irfan Skiljan dari Bosnia Herzegovina. IrfanView mampu bekerja pada semua versi modern dari Microsoft Windows dari Windows 95 sampai Windows Vista yang mendukung penampilan file dalam format BMP, GIF, JPEG, PNG (termasuk pengoptimal PNGOUT), TIFF, file-file media bukan gambar seperti Flash, (Ogg) Vorbis, MPEG, MP3, MIDI, dan file teks. Versi 3.98 untuk Microsoft Windows sudah disertakan pada daftar perangkat lunak resmi Windows Vista.

Irfan view dapat didownload secara gratis disini, ukuran filenya 1,3 MB. Aplikasinya sangat ringan jika diinstal dikomputer anda, tidak terlalu membebani komputer.

Agar lebih optimal, anda bisa menginstal juga pluginnya, ukurannya sekitar 7 MB.
Tampilan Irfan View bisa dilihat seperti di bawah ini

Membuka gambar menggunakan Irfan View





Artikel Terkait :



0 komentar: