Kamis, November 26, 2009

Cara mempercepat windows 7 (meningkatkan performa windows 7)

Windows 7 merupakan produk windows terbaru dari microsoft. Secara default windows 7 menawarkan banyak  fitur yang sebenarnya tidak diperlukan oleh pengguna komputer desktop (perorangan). Jika fitur-fitur yang tidak terlalu penting tersebut di nonaktifkan atau dimatikan, maka bisa lebih meningkatkan performa windows 7 . Yang kita bahas disini bukanlah mengupgrade hardware, tetapi melakukan konfigurasi pada software windows.Karena jika melakukan upgrade hardware komputer yang membutuhkan biaya , sedangkan disisi lain bagi yang tidak punya biaya upgrade,  dapat meningkatkan kinerja windows dengan sedikit memodifikasi konfigurasi defaultnya.

Berikut ini beberapa tips untuk mempercepat /meningkatkan performa windows 7


1. Disable / menonaktifkan service windows yang tidak perlu, seperti:
Menonaktifkan autoplay/autorun di windows 7
Cara Uninstal Tablet PC component di windows 7
Cara menonaktifkan (disable) automatic update di windows 7
Mempercepat tampilan menu di start menu windows 7
Menonaktifkan (disable) telephony service di windows 7
Menonaktifkan (disable) fax service di windows 7
Menonaktifkan (disable) error reporting windows 7
dll
2. Menambah virtual memory windows
3. Jika ukuran hardisk besar, sebaiknya bagi ruang hardisk menjadi beberapa bagian melalui partisi hardisk
4. Lakukan scandisk dan defrag menggunakan disk defragmenter secara berkala . Dengan melakukan scandisk dan defrag secara berkala dapat membantu windows menandai sector dan cluster baik dan yang rusak di dalam ruang hardisk, serta dapat membantu windows mengurutkan dan mengelompokkan data-data yang disimpan di hardisk seperti file system, file aplikasi, dan file data agar lebih sesuai dengan kebutuhan system sehingga lebih mudah diakses oleh windows.
5. Membersihkan file sampah windows, seperti menghapus file temporer , file prefetch windows , membersihkan file registry yang rusak (error), menghapus thumbnail chace explorer ,
6. Scan virus dan adware , malware dan spyware secara berkala serta jangan lupa update antivirus secara offline maupun secara online.
7. Instal aplikasi secukupnya
dll

Beberapa tips lain yang membahas tentang cara menggunakan windows 7 bisa dilihat disini tutorial windows 7





Artikel Terkait :



8 komentar:

viruzth mengatakan...

Ati2 ga, menghapus file prefetch ga bikin cepet, cuma menghemat space HDD. Justru menghapus prefetch bisa memperlampat komputer, karena komputer akan dipaksa untuk membuat prefetch yang baru ketika menjalankan aplikasi.

Artikel Komputer mengatakan...

@viruzth
Makasih informasinya...
Ada beberapa pendapat yang mengatakan menghapus file prefecth bisa meningkatkan performa windows, di lain sisi ada yang berpendapat menghapus file prefect tidak meningkatkan performa windows
Alasan saya menyetujui jika menghapus file prefecth bisa meningkatkan performa windows bisa dilihat disini:
http://msdn.microsoft.com/en-us/magazine/cc302206.aspx

Prefetching adalah proses membawa data dan kode halaman ke dalam memori dari disk sebelum dilakukan eksekusi sebuah aplikasi.
Dengan prefetching data dari sebuah file atau direktori sekaligus membantu windows memetakan file sebelum mengakses satu sama lain secara berurutan, proses ini berfungsi untuk mengurangi proses pencarian data pada disk, sehingga meningkatkan waktu eksekusi keseluruhan system dan aplikasi startup.

Salah satu referensi yang digunakan windows dalam melakukan proses perfecting di simpan di directori perfecth.
Yang jadi masalah jika semakin banyak file perfecting akibat komputer kita sering mengalami error saat booting, atau menjalankan aplikasi, setiap kesalahan tersebut akan mempunyai sebuah file prefetch. Mungkin jika komputer kita tidak pernah hang saat booting atau saat menjalankan aplikasi maka file frefecth tidak perlu dihapus (atau tidak pernah instal/uninstall program sejak komputer pertama kali diinstal) . Tetapi jika sering trouble maka salah satu alternatif untuk menghindari proses untuk meningkatkan ferporma windows adalah dengan membersihkan file prefecth, maka secara otomatis saat restart komputer file prefetch akan dibuat kembali.Memang saat restart pertamakali akan terasa lambat, karena windows membuat ulang file prefect Namun file prefetch menjadi lebih ramping, dan saat restart kedua kalinya dan seterusnya akan normal kembali. Dan proses convolusi code lebih cepat sehingga file-file yang benar-benar dibutuhkan oleh windows dan aplikasinya yang akan dikirim ke memori secara tidak langsung proses akan lebih cepat.

Jadi bisa terlihat semakin banyak rekaman file prefect di dalam directory prefect maka akan semakin memperlambat proses convolusi, semakin lambat proses convolusi maka semakin lambat proses pengiriman data dan kode halaman ke dalam memori dari hardisk.

Sebagai catatan :
Penghapusan file prefect sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, namum dilakukan idealnya beberapa bulan sekali , tergantung jika komputer sering error saat booting atau menjalankan program, sering instal/uninstall program.

dobi mengatakan...

bagus gann artikelnya,

maen ke blog ane ya

http://www.eternoespectador.com/

http://www.backyardquiltstudio.com/

ArtN73 mengatakan...

wah mantap nih,,, terutama yg bagian Virtual Memory memang sangat meningkatan kinerja windows 7,,,
thanks...

salam
agusn73.blogspot.com

SFAZone mengatakan...

menonaktifkan windows aero dan menguninstall software yang sudah tidak digunkan akan membantu mempercepat windows 7 gan

Eko budi santoso mengatakan...

MANTAB GAN :) Folback ya www.ekooe.blogspot.com

Nirwan mengatakan...

mantap banget blog ni..
makasi banyak ya mAS,,,

current version plugin mengatakan...

oke banget master