Sabtu, Desember 27, 2008

Tutorial blog lanjutan

Dalam blog ini, saya hanya membuat postingan khusus untuk teman-teman yang belum tahu sama sekali tentang cara membuat blog di blogger blogspot dan masih pemula seperti saya.

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan SEO (Search Engine Optimization). Hasil yang akan kita harapkan dari SEO ini adalah page rank (peringkat) situs kita dapat mengalami peningkatan. Peningkatan dan penurunan peringkat situs kita berdasarkan pada penilaian dari masing-masing tools pengehitung peringkat situs. Ada dua yang terkenal yaitu Page Rank dengan nilai(0-10),dan Alexa dengan nilai(20.000.000 - 1)

Page rank akan semakin baik peringkatnya jika semakin besar, sedangkan Alexa semakin bagus peringkatnya jika nilainya semakin kecil. Tiap-tiap halaman dalam situs anda mempunyai peringkat sendiri.


Ada beberapa langkah yang harus anda dilakukan untuk meningkatkan page rank (kesluruhan langkah ini harus berjalan secara beriringan agar dapat menghasilkan peringkat yang maksimal, beberapa langkah yang bisa anda lakukan :
1. Melakukan pendaftaran situs (blog) anda ke search engine seperti google, yahoo, msn, altavista, dll. manfaatnya adalah agar situs anda dapat dikenali dan di index oleh search engine sehingga jika ada orang lain yang menggunakan keyword dari postingan anda maka dapat menemukan linknya di search engine. imbasnya dapat meningkatkan traffic ke situs anda.
2. Mempromosikan (membuat) link blog anda ke situs-situs (blog) lain. Terkadang disebut dengan link exchange (bertukar link), semakin banyak link yang anda peroleh, maka sangat memungkinkan google akan menganggap situs anda pantas untuk dinaikkan peringkatnya, karena logika yang digunakan oleh mesin pengindex search engine google bahwa situs yang mempunyai tautan lebih banyak akan dinilai lebih tinggi peringkatnya dibanding situs yang hanya mempunyai sedikit tautan (link) dengan situs lain. Link ini bahakan lebih efektif jika anda melakukan link dengan situs yang mempunyai peringkat lebih tinggi dari peringkat blog anda (ada dua hal yang berhubungan dengan variabel link yaitu kualitas link dan kuantitas link)
Ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas tukarlink gratis silahkan anda search dengan bantuan Mr. Google ,gunakan keyword link exchange, tukarlink, dan sejenisnya
3. Lakukan update blog secara kontinyu, semakin sering anda mengupdate situs (menambah postingan) maka semakin disenangi blog anda oleh google, sehingga besar peluangnya pagerank juga akan semakin meningkat.
4. Meningkatkan kualitas postingan blog anda agar pengguna semakin menganggap bahwa blog anda layak dikunjungi, sehingga meningkatkan traffik ke blog anda.
Ada beberapa trik yang saya gunakan untuk meningkatkan SEO, jika tertarik anda bisa gunakan link berikut:

1.Tips SEO
2. Teknik SEO

Jika anda sudah bisa menggunakan langkah pembuatan blog dan optimisasi di atas , sebaiknya anda meningkatkan kemampuan customize dan optimalisasi blog anda dengan mengunjungi situs yang berbahasa indonesia berikut:


1. www.o-om.com
2. www.isnaini.com

Saya dulu waktu pertama kali membuat blog belajar dari kedua situs tersebut. Terimakasih untuk pengelola blog www.o-om.com dan www.isnaini.com, yang telah membagi ilmunya melalui media website.






Artikel Terkait :



0 komentar: