Minggu, Februari 07, 2010

Belajar SEO | Anchor Text dan teknik optimasi SEO (mesin pencari)

Pengertian anchor text (teks jangkar) adalah adalah teks yang berada di antara html tag, atau lebih sederhananya yaitu teks yang berisi tautan ke sebuah halaman. Teks jangkar ini merupakan salahsatu faktor utama yang menentukan/meningkatkan kenampakan (visibility) blog anda di search engine result page /SERP (hasil penelusuran mesin pencari). Teks yang anda jadikan anchor text akan dianggap oleh search engine sebagai keyword dengan bobot yang lebih tinggi dibanding dengan teks biasa,

Dalam penggunaannya, biasanya anda memasang di dalam postingan, di sidebar atau footer (untuk tukaran link) untuk
Contoh cara membuat anchor text bisa dilihat di bawah ini (2 buah anchor text yaitu Artikel Komputer dan Belajar SEO Blogspot):

<a href=”http://artikelkomputerku.blogspot.com”>Artikel Komputer</a>
atau:
<a href=”http://artikelkomputerku.blogspot.com/2008/08/daftar-isi-tips-optimasi-seo.html”>Belajar SEO Blogspot</a>

hasilnya akan tampak seperti di bawah ini:
Artikel Komputer atau Belajar SEO Blogspot

Selain cara di atas biasanya digunakan metode blok (sorot) teks yang akan dijadikan keyword, kemudian klik toolbar link, selanjutnya masukkan url target.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan keyword yang dipasang di anchor text.

1. Dalam contoh di atas, keyword (anchor text) yang digunakan adalah : Belajar SEO Blogspot , dengan maksud jika robot google mengindeks halaman di blog maka lebih mudah menemukan keyword, seperti "Belajar SEO, Belajar Blogspot, SEO Blogspot, Belajar SEO Blogspot.

2. Keyword Density, adalah merupakan kerapatan keyword dalam sebuah postingan. Menurut beberapa forum SEO, menyarankan kerapatan anchor teks sebaiknya dalam minimal 300 karakter terdapat 1 anchor text.

3. Panjang (jumlah) karakter anchor text normalnya maksimal 60 karakter (karena search engine biasanya mengambil 60 karakter terdepan). Jika lebih maka search engine terkadang tidak mampu mengindeks keywordnya.

4. Anchor text untuk link di dalam blog (halaman target ada di dalam blog anda) sebaiknya berhubungan dengan judul postingan atau lebih baik jika keyword yang di gunakan juga terdapat di judul postingan, meta tag,judul blog , nama domain dan deskripsi blog (agar robot searcgh engine memberi bobot relevansi yang tinggi)
Jika halaman target di luar blog anda sebaiknya gunakan keyword yang berhubungan dengan judul halaman yang akan di link.

5. Perhatikan pesaing anda di google search, jika menggunakan jika blog anda masih rendah Pagerank-nya, lakukan optimasi dari keyword yang rendah saingannya. Sebagai contoh: keyword SEO lebih ketat persaingannya dibanding keyword Teknik SEO, Teknik SEO untuk blogspot, Teknik SEO untuk pemula
Usahakan mendapatkan backlink dengan keyword yang anda optimasi tersebut agar cepat muncul di halaman pertama mesin pencari.

6. Optimasi keyword seiring dengan peningkatan trafik, jika di dalam sebuah blog terlalu banyak link tetapi jumlah kunjungan (trafiknya) berkurang, maka akan menyebabkan pagerank halaman tersebut berkurang. Dan bisa mempengaruhi google pagerank blog secara keseluruhan. Semakin banyak keyword yang anda pasang maka semakin banyak trafik yang dibutuhkan untuk mengimbangi, agar pagerank halamannya bisa bertahan atau meningkat. (sebagai catatan: setiap halaman mempunyai pagerank sendiri).

7. Anda bisa melakukan rotasi anchor text, misalnya dalam 3 bulan pertama gunakan keyword  Teknik SEO Blog  untuk pemula, kemudian 3 bulan berikutnya ganti dengan Teknik SEO, dalam melakukan rotasi sebaiknya gunakan potongan dari keyword awal.(dengan catatan anda harus menambah kalimat baru untuk menempatkan keyword baru tanpa mengubah struktur kalimat lama).Atau tetap menggunakan keyword tersebut namun membuat keyword yang relevan pada postingan baru.Dengan semakin banyaknya postingan maka bakal meningkatkan daya saing blog untuk berebut posisi halaman pertama SERP.

8. Terus membuat keyword baru pada postingan baru, karena serach engine senang jika medeteksi update pada blog/website

9. Anchor text anda perlukan untuk membangun backlink, bisa dengan melakukan link antar halaman dalam sebuah blog, atau link dari blog lain ke blog anda. Perhatikan keyword yang anda gunakan, sebagai contoh: penggunaan anchor teks yang kurang tepat:
seperti:
a. Dalam postingan terkadang menggunakan kata yang sulit dikenali oleh robot google; seperti klik disini, d@wnload (kombinasi simbol dan alfabet), dan kata tidak baku lainnya
b. Dalam pertukaran link terkadang menggunakan keyword yang tidak dikenali oleh search engine. ada beberapa kasus dalam pertukaran link menggunakan kata : Namapemilikblog, url tetap terindeks, tetapi penempatan keywordnya yang kurang tepat,mungkin 50% pengguna internet jarang mencari nama atau url di search engine saat mencari blog, terkecuali jika blog anda sudah terkenal maka biasanya banyak pengunjung yang mengetikkan nama anda untuk menemukan blog.

10. Setelah berusaha jangan lupa berdoa, dan terus belajar dari forum seo, blog seo, dan blog google tentang update terbaru algoritma search engine serta memetakan kelemahan dan kelebihan teknik seo google  yang digunakan.

Beberapa postingan lain yang membahas tentang tips seo bisa dilihat disini belajar seo





Artikel Terkait :



28 komentar:

bisnispasti mengatakan...

Anchor text, istilah yang tak mudah dipahami. Tetapi saya akan terus belajar bisa paham dan tepat memilihnya. Terima kasih atas artikelnya yang sangat lengkap membahas anchor text.

Bukan Sekedar Blogger Bertuah mengatakan...

informasi yang sangat bermanfaat bagi newbie yang sedang belajar SEO..

menghasilkan uang di internet mengatakan...

Langsung kupraktekkan,GAN, Thanks bwt infonya!!!!

Tejase mengatakan...

Nice info nich...

easy way to be clickers mengatakan...

mumet

Business Review mengatakan...

tapi kalo komen waktu blogwalking, kayaknya achor text dah jadi otomatis ya om.... gak harus pake HTML lagi...

Cari Uang di Internet mengatakan...

Anchor text penting sekali ya sob. thanks artikelnya, harus bolak-balik kesini untuk baca.

ninjacyber mengatakan...

Thanks sob...!!!

worlds enterprise mengatakan...

terima kasih telah berbaagi ilmu, banyak belajar nih saya

Donny mengatakan...

mekasih atas infonya yang sangat bermanfaat bagi aku.......
lam kenal ya mas...

Jonro mengatakan...

makasih atas infonya

joe rocks mengatakan...

ne dia,bner2 menerapkan teknik "peluang" bukan "uang". q pernah nyoba riset keyword, ternyata hasilnya mantab jg. blog q nongkrong di urutan pertama, coba buka google,trus pake keyword "daftar blogger indonesia tersukses" dan "bahaya google adsense" saat komen ne di tulis,blogq msh di urutan prtma pada google,gag tau juga sich cara q yg ginian apa krna kbtulan atau emg mujarab bin ajaib, kl mau blh di coba boss :D

bloghealthstyle mengatakan...

I admire the valuable information you offer in your articles. I will bookmark your blog and have my children check up here often. I am quite sure they will learn lots of new stuff here than anybody else!

hamdani mengatakan...

trims sangat bermanfaat :)

karaiaceh mengatakan...

Ternyata anchor juga diperlukan ya dalam seo, terima kasih...

kaos family mengatakan...

wah baru tahu kalau anchor text = keyword

Infokes xamthone plus mengatakan...

saya membacanya jadi enak, karena mudah untuk dipraktekan, terima kasih mas atas sharingnya

Mutiara Pembelajar mengatakan...

saya benar-benar dibuat pusing mengenai keyword...harus ini lah, harus itulah...kalo gak begini spam lah...lalu saya belum menemukan contoh riil berupa tekx keyword yang dianggap spam itu seperti apa???????????????????????????????

Jasa Pembuatan Web Blog mengatakan...

Saya suka tipsnya gan... salah satu blog referensi saya utk mengembangkan ilmu SEO... Keep on Spirit!

aan mengatakan...

saya masih belajar. trims infonya.

Arif Hidayatullah mengatakan...

Makasih atas infonya mas..
kunjungi juga http://bloggertutorialsfornewbie.blogspot.com

Arif Hidayatullah mengatakan...

makasih atas infonya mas..
kunjungi juga http://bloggertutorialsfoenewbie.blogspot.com

scnmaer mengatakan...

sudah saya pasang mas linknya mas.,
kunjungi juga http://harun-blogger.blogspot.com/
terima kasih

Tia maniz mengatakan...

saya baru tahu anchor text itu apa hehehe..tengkyu

cara membuat blog mengatakan...

terimakasih artikel SEO nya om
sangat bermanfaat untuk menambah ilmu SEO.
salam kenal dan sukses selalu

ances mengatakan...

Terimakasih atas info di blog ini.penjelasannya tentang SEO terperinci dan susunan artikelnya berurutan satu dan lainnya,sehingga memudahkan utk belajar.

Unknown mengatakan...

terima kasih infonya, jadi tambah pengetahuan nih dari anhar dk

Jasa Seo Terbaik Jilid 3 mengatakan...

Anchor text link memang sangat penting ya gan.. sebuah web page tanpa anchor text link mungkin ibarat sayur tanpa garam..