Selasa, Maret 09, 2010

Fungsi IF Nested (IF Bersarang) di excel 2003

Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi IF nested excel 2003 yang bisa juga disebut IF bersarang atau IF bercabang.

Dalam contoh kita akan mencoba merumuskan pernyataan berikut:

Jika PERSONAL maka nilainya 3500
Jika PAKET 1 maka nilainya 9000
Jika PAKET 2 maka nilainya 13000

Untuk mudahnya buat tabel seperti di bawah ini:



Di kolom C akan diisi rumus atau formula yang menggunakan fungsi IF
Di sel C3 ketik formula berikut:
=IF(B3="Personal",3500,IF(B3="Paket 1",9000,13000))
Kopi formula hingga baris ke sepuluh.
Hasilnya seperti di bawah ini


Beberapa postingan lain yang membahas tentang excel bisa dilihat disini panduan excel 2003





Artikel Terkait :



3 komentar:

hane_hane mengatakan...

terima kasih atas artikelnya karena sangat berguna bagi saya sebagai pemula.
saya mau bertanya........
bagaimana untuk menentukan paket 3?? apakah tinggal ditambah koma (,) dan harga untuk paket 3???? atau bagaimana ???
saya sudah mencoba cara di atas tapi tetap tidak bisa.
saya mohon di balas ke e-mail

Artikel Komputer mengatakan...

Misalkan paket 3 nilainya 15000, formula di sel C3
=IF(B3="Personal",3500,IF(B3="Paket 1",9000,IF(B3="Paket 3",15000,13000)))
Emailnya tidak terlampir jadi tdk bisa balas lewat email.

Anonim mengatakan...

artikel bagus !!..tapi saya mencoba kenapa tidak jalan ya rumus yang anda berikan contoh di atas,,apakah ada yang salah ??
terimakasih dan mohon di email ke saya : arieejack@yahoo.com