Sabtu, Maret 07, 2009

Fungsi Hlookup sederhana

Fungsi Hlookup hampir sama dengan vlooukup, tetapi tabel referensinya disusun secara horisontal.

Berikut contoh penggunaan hlookup

1. Buat tabel kerja dan tabel referensi

2. Masukkan formula berikut:
a. Pada sel B5 ketik:
=HLOOKUP(A5,$F$4:$I$6,2,0)
b. Pada sel C5 ketik:
=HLOOKUP(A5,$F$4:$I$6,3,0)
c. Copy formula dari baris 5 ke 16
3. Hasilnya seperti gambar di bawah




Buat teman-teman pengguna microsoft excel 2007. Penggunaan fungsi hlookup di bisa dilihat panduannya disini fungsi hlookup excel 2007





Artikel Terkait :



3 komentar:

acne mengatakan...

nice info.. saya sendiri kurang begitu faham soal excel.. but good article

Unknown mengatakan...

Pak Admin mohon maaf sebelumnya.
Saya ingin menanyakan perbedaan dengan menggunakan fungsi VLOOKUP dan tanpa fungsi VLOOKUP

cara 1:
berdasarkan cth diatas menggunakan formula spt ini:
Formula yang digunakan :
a. pada sel B3, ketik:
=VLOOKUP(A3,$E$3:$G$6,2,0)

b. pada sel C3, ketik:
=VLOOKUP(A3,$E$3:$G$6,3,0)

cara 2:
tanpa formula VLOOKUP:
masukkan rumus:
pada sel B3, ketik:
=F3

hasil yang di dapat sama saja.
sepertinya cara 2 lebih mudah,
yang mau saya tanyakan dimana kelebihan cara 1 dibandingkan dgn cara 2???
mohon maaf pak admin karena saya masih baru mengenal komputer sehingga saya banyak nanya,hehehe...
btw postingannya sangat membantu saya,, dan saya Tunggu Jawabannya.
Terima Kasih Banyak

Yudhi mengatakan...

kelebihan "cara 1"
1. lebih cepat jika pencarian data secara acak meskipun table data mempunyai cell dan coloum yang banyak.

kekurangan "cara 2"
1. jika coloum/cell di delete/insert maka pengambilan data juga tidak akurat apabila cell tersebut tidak terkunci (f4=$)
2. tidak effisien waktu bila table data mempunya cell dan coloum yang banyak...