Rabu, Januari 19, 2011

Cara mengaktifkan aero themes di komputer yang tidak compatible dengan Aero Windows 7

Cara mengaktifkan aero themes di komputer yang tidak compatible. Windows 7 telah dilengkapi dengan fitur aero, fitur ini dapat mempercatik tampilan desktop serta dilengkapi dengan berbagai fitur animasi, slide show wallpaper, transparency dan berbagai efek dan fitur aero windows 7 lainnya. Namun kendalanya jika hardware komputer tidak mempunyai spesifikasi minimal untuk mendukung fitur aero maka secara otomatis aero tidak dapat diaktifkan di komputer/notebook.

Pada Windows 7 secara otomatis akan mengindeks hardware yang terpasang di komputer kemudian memberikan rating pada setiap hardware, semakin tinggi ratingnya maka semakin bagus spesifikasi komputer.

Syarat minimal hardware yang dibutuhkan untuk mengaktifkan aero di Windows 7 adalah:
1. Index (rating vga) minimal 3 (bisa di cek di system properties komputer)
2. VGA telah mendukung teknologi pixel shader 2
3. Memori minimal 1 GB.

Namun jika spfesifikasi hardware tidak memenuhi standar aero maka ada sebuah software gratis yang menurut pembuatnya dapat melakukan bypass saat windows mendeteksi hardware akan mengabaikan rating vga. Sehingga fitur aero dapat ditampilkan pada Windows 7 Home, Windows 7 Professional, Ultimate dan Enterprise.



Catatan:
Karena alasan stabilitas system maka windows tidak mengaktifkan aero pada komputer yang mempunyai spesifikasi hardware yang tidak mendukung Aero. Aero membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi. Jika tetap memaksakan maka ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi pada komputer :
1.Windows akan sering hang dan lebih fatal harus diinstal ulang
2.VGA lebih cepat rusak karena over loading.
3.Windows 7 system requirements

Sebelum melanjutkan mengaktifkan Aero bisa baca referensi berikut :
1. Windows Slideshow
2. Aero Windows 7 Feature

Disana tercantum tulisan seperti di bawah ini :
Power User
If your graphics score isn’t at least 3.0, you can still get the full set of themes (with the Premium or Ultimate SKU) by setting a regkey. Keep in mind that there are no guarantees that they will run well!

Jadi masih bisa dipaksakan untuk menjalankan aero, namun sebagai gambaran sederhananya saya membuat perumpamaan seperti di bawah ini :
a. mobil kijang mewakili vga not support aero)
b. mobil truk mewakili vga support aero)
Jika anda hanya punya mobil kijang maka jangan paksakan mobil kijang anda untuk mengangkut muatan yang hanya layak diangkut oleh mobil truk. Jika dipaksakan maka mobil kijang akan peot dan cepat rusak.

Jika masih kurang percaya dengan informasi dari microsoft, dan gambaran sederhana mobil kijang tersebut maka ada beberapa cara untuk mengaktifkan secara paksa Aero pada windows 7

1. Melakukan pengeditan pada registry Windows (bisa dicari di google menggunakan link berikut Hack Enable Aero in Windows 7).
2. Dengan menggunakan software gratisan (tanpa edit registry)



Jika ingin mengaktifkan aero dengan software gratis bisa gunakan link berikut :

Enable Aero Windows 7





Artikel Terkait :



9 komentar:

habibi mengatakan...

Mansteb informasinya gan, ane punya laptop dengan bawaan windows 7 classic, bisa ga ya gan menggunakan themes aero??

habibi mengatakan...

Ma'af gan maksud saya Windows 7 BASIC, apakah ada solusinya?

Artikel Komputer mengatakan...

Mungkin maksudnya Windows 7 Home Basic, di Windows 7 Home Basic tidak aktif namun ada beberapa programmer yang membuat software untuk mengaktifkannya, bisa cari lewat google pakai keyword "enable aero for windows 7 home basic" atau menggunakan software Enable Aero Windows 7 di atas

hamdan mengatakan...

yang dimaksud software ignore vga rating apaan softwarenya?

Artikel Komputer mengatakan...

@hamdan
ignore vga rating maksudnya "abaikan vga rating". Windows 7 secara otomatis mendeteksi spesifikasi vga card yang terpasang di kompute/notebook, jika spesifikasi vga tidak memenuhi syarat minimum untuk menjalankan aero themes maka di Personalize Desktop Themes tidak ada pilihan Aero Themes. Software di atas khusus digunakan jika ingin menggunakan aero themes di komputer yang spesifikasi hardware vga tidak mendukung persyaratan minimum.

couplax21 mengatakan...

thanks banget gan infonya,,,

Anonim mengatakan...

trim atas info nya gan keren...!!!!
mudah" lebih bagus lagi blog nya nambah keren tetap bberjaya

detektif007 mengatakan...

thanks gan infonya

Anonim mengatakan...

Numpang nanya.saya dah ngaktifin aero buat windows 7 ultimate edition.tapi yg muncul error.ntu teh apa spek nya minim atau tidak cocok.thank sbelunya bwat infonya