Sabtu, April 23, 2011

Cara mengabungkan fungsi IF HLOOKUP di excel 2003

Jika sebelumnya saya pernah posting tentang cara menggabungkan fungsi if vlookup di excel, maka dalam postingan ini akan dibahas tentang cara menggabungkan fungsi IF HLOOKUP di excel 2003. Kombinasi fungsi IF dan HLOOKUP bisa digunakan jika dalam sebuah tabel kerja mengacu pada dua buah kriteria referensi. Dalam kasus ini variabel tabel referensi akan disusun secara horisontal.

Dalam contoh ini akan dibuat tabel kerja yang berisi  tahun penjualan, kode kertas, jenis kertas dan harga penjualan kertas. Jenis kertas dan harga kertas akan mengacu pada data yang tercantum pada tabel referensi dengan menggunakan penggabungan fungsi IF dan hlookup.

Agar lebih mudahnya buat tabel seperti di bawah ini :

Kosongkan kolom D dan E karena akan diisi dengan formula




Selanjutnya di sel D4 masukkan formula berikut :
=HLOOKUP(C4,$G$3:$K$6,2)
Di sel E4 masukkan formula berikut:
=IF(B4=2010,(HLOOKUP(C4,$G$3:$K$6,3,0)),(HLOOKUP(C4,$G$3:$K$6,4,0)))
Hasilnya terlihat seperti di bawah  ini :



File excelnya bisa didownload disini fungsi if hlookup excel 2003





Artikel Terkait :



10 komentar:

Musyari Aulia mengatakan...

i like it,,, ini pengalaman saya waktu kelas X sma,, alhamdulillah saya hafal bener semua rumus Formula Excel tuh,,, hehehe

mantap pokoknya pingin cobain lagi,,, komentarnya juag ke blog aku ya,,

oh iya saya mau tanya,, cara ningkatin traffik gimana ya,, saya liat mas 1000 pengunjung hari ini,,,, balas ke t4 saya ya,,, :) salam blogger

webpages mengatakan...

kalau ane kurang interest belajar kaya bgtu,soal'a kalau HLOOKUP & VLOOKUP tuh mah kerjaan admin dikantor

obat herbal asma mengatakan...

info yang keren dan menarik ,moga bermanfaat buat smuanya,,makasih dan sukess slalu,,,

obat tradisional asam urat mengatakan...

keep blogging moga jadi ilmu yang berguna,,,

artikel unik mengatakan...

thanks gan artikelnya

kimpul mengatakan...

Gan follow back ea ...
www.only-tips-trik.blogspot.com

bali seo mengatakan...

makasih atas infonya mas

Perawatan Wajah mengatakan...

good job mas

Restoran Jepang mengatakan...

my first time visiting this blog, published a whole article is pretty good and add my information

applicatiom mengatakan...

untuk lbih lanjut datang ke blog ane
smart-application.blogspot.com