Minggu, April 10, 2011

Cara menggunakan fungsi IF VLOOKUP di excel 2003

Salahsatu fungsi yang tersedia di excel adalah fungsi logika IF, fungsi IF dapat digabungkan dengan berbagai fungsi-fungsi excel lainnya. Dalam contoh ini akan dibahas tentang cara menggabungkan fungsi IF dan VLOOKUP di excel 2003.

Postingan ini sebagai jawaban buat teman yang pernah menanyakan tentang cara menggabungkan fungsi IF VLOOKUP, mudah-mudahan bisa sedikit memberikan gambaran tentanng penggunaan fungsi if di excel.

Dalam kasus ini saya menganggap di tabel referensi ada 2 jenis varibel yaitu variable yang relatif tetap dan variable yang berubah bergantung pada tahun yang berlaku.

Agar lebih mudahnya bisa buat 2 buah tabel seperti di bawah ini :

1. Buat tabel kerja dan tabel referensi berikut:
Kosongkan sel D4 dan sel E4 , karena akan diisi dengan formula yang berisi fungsi IF dan VLOOKUP



2. Selanjutnya di sel D4 ketik formula :
=VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,2)
Formula pada D4 hanyalah formula yang menggunakan fungsi VLOOKUP saja, hanya digunakan sebagai bahan pembanding terhadap formula IF+VLOOKUP.  Formula pada sel D4 tidak berkaitan dengan formula pada sel E4
Catatan:
Tanda $ pada range $G$4:$J$7 menandakan alamat / range absolut, untuk mengatifkannya bisa gunakan tombol F4 . Jika kesulitan ketik saja formula $-nya secara manual.

Di sel E4 ketik formula
=IF(B4=2010,(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,3,0)),(VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,4,0)))

Hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini:



Jika ingin mendownload file excelnya bisa klik disini fungsi IF VLOOKUP





Artikel Terkait :



7 komentar:

dungteng mengatakan...

bagaimana jika if vfookup di ecel 2007 apakaharanya sama bos ?

Rizky Illahi mengatakan...

terimakasih gan, kasih tahu caranya gabunginnya

Artikel Komputer mengatakan...

Fungsi IF dan HLOOKUP, terus terang belum pernah sy gunakan dalam aplikasi Excel. Pelajara baru nih sob... trims ya

Sonycamcorder mengatakan...

Kalo vlookup tapi ngambil data dari sheet lain gmana bro, thx infonya sangat membantu.

cahaiyea dwi fauzi ( louve henaini ) mengatakan...

Saya masih bingung penggunaan nya .. trus terang saya lagi haus ilmu...

=VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,2)
saya gak ngerti.. n sudah saya peraktikkan,, tp hsilnya erorr..
q mohon jika memang sempat tolong jelaskn lagi lw bisa kirimlah lewat imel biar saya bisa mngerti. yg tidak saya mngerti adalah ( ($G$4:$J$7,2) tolonglah .. ni imel saya
nuraini.tinambunan@yahoo.com
tw ke Http://ainilouvehendrick.blogspspot.com
tankss

cahaiyea dwi fauzi ( louve henaini ) mengatakan...

saya lg belajar Ms excel..
say sudah mncoba sprti ini tp saya tidk juga bisa ,, saya bingung dengan (=VLOOKUP(C4,$G$4:$J$7,2))yg saya bingungkan adalah penulisan
$G$4:$J$7,2 mohon jika mmng smpt berilh pnjelasan , lw bisa kirim ke imel nuraini.tinambunan@yahoo.com

tanks sblomnya

zen mengatakan...

makasih ya..
sangat membantu sy dalam belajar pengolahan data di office excwl