Minggu, Januari 25, 2009

Blog Artikel Komputerku ini sudah saya ubah menjadi Do Follow

Setelah membaca blognya saudara Firdaus EOSMATE yang membahas tentang ulasan dan cara mengubah blog menjadi do follow, maka saya secara pribadi tertarik untuk mengubah blog saya dari satusnya no follow ke do follow, mulai tanggal 25 Januari 2009.

Mungkin teman-teman yang masih pemula seperti saya ada yang bertanya kenapa saya mengubah blog saya dari no follow mwnjadi do follow, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya:
1. Memberi apresiasi kepada teman-teman yang berkunjung ke blog saya, jika memberi komentar sebagai (Nama/Url), maka otomatis komentar anda akan menjadi backlink ke situs anda. Karena anda sudah memberi komentar dan membaca blog saya, maka sudah selayaknya saya memberi apresiasi dengan memberi kenang-kenangan berupa backlink yang akan anda peroleh secara gratis.Karena backlink adalah salahsatu faktor meningkatkan page rank kita
2. Sudah selayaknya kita sesama blogger jika saling kunjung-mengunjungi akan saling memberi, jika anda datang ke blog saya berarti anda telah menghabiskan waktu anda membaca artikel di blog ini, dan sudah selayaknya anda pulang anda membawa oleh-oleh backlink jika memberi komentar di blog ini , maka dengan adanya prinsip saling menguntungkan ini akan saling mempererat tali silaturahmi antar blogger.

Apa resiko yang mungkin anda alami jika mengubah blog menjadi do follow:
1. Kemungkinan adanya komentar-komentar yang bersifat spam, jika google menemukan banyak spam pada komentar di blog, maka akan menyebakan pagerank turun.
namun hal ini dapat dilakukan dengan memantau komentar yang masuk (melakukan moderasi terhadap komentar yang masuk, jadi kita perlu menyeleksi komentar-komentar yang tidak bersifat spam saja yang approved, sehingga kita dapat terhindar dari pinalti google akibat adanya spam). Jika terbukti spam tinggal dihapus saja.

Jika anda berminat memberi komentar dan ingin backlink saya saran beri komnetar sebagai Nama/Url, karena jika anda login sebagai User GoogleID,atau Anonim, maka secara otomatis tidak mendapatkan backlink.

Jika anda ingin mengubah dan mendaftarkan blog anda ke komunitas blogger, penganut do follow, bisa gunakan link berikut
http://eosmate.blogspot.com/2005/01/dofollow-blog-listing.html

Untuk membaca tentang arahan google dalam mencegah spam bisa dibaca di sini
http://googleblog.blogspot.com/2005/01/preventing-comment-spam.html

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah dengan mengubah blog menjadi do follow bisa meningkatkan peringkat rank blog dan bersaing dalam SEO, masih merupakan hal yang bersifat kontroversi. Untuk melihat apakah blog do follow berpengaruh positif atau negatif terhadap SEO, maka masih perlu pengkajian lebih lanjut. Jika komentar spam dapat dihindari maka kemungkinan dapat berpengaruh positif.

Update Januari 2010

Berhubung dengan banyaknya komentar spam yang masuk sejak mei 2009  (saat PR menjadi 4) komentar spam yang masuk terkadang dalam seminggu jumlahnya ratusan komentar spam maka untuk mencegah semakin banyaknya komentar spam yang sebagian besar berasal dari luar negeri , maka per januari 2010 atribut dofollow saya nonakifkan.





Artikel Terkait :



21 komentar:

Anonim mengatakan...

Sudah Di ADD sama saya. THX

Padimin mengatakan...

Do Follow... Yes!!!
Langsung dicoba.

mastegar mengatakan...

Wah,bisa langsung di coba ni mas....
thx atas infonya

Andre Purvance mengatakan...

wow... thx atas info dan kebaikanny :D

Indonesia Hosting mengatakan...

Thanks bro..Ini langsung di coba :)

Copas Blog Amatir mengatakan...

ngikut deh...
maksih infonya ya..

lira mengatakan...

kalo gitu boleh yah ikutan, biar dapet backlink juga....thanks.

rachmat mengatakan...

bener nih sob, akhir2 ini banyak yang spam nih, alhasil PR 2 d blog aq kena gebuk jadi nol, hiks2...

hack-b mengatakan...

mas, blog saya terkena dampak spam gara2 do follow... dari PR 2 ke PR 0... menyakitkan sekali buat saya. Apa solusi nya kira2 ya mas ?

Timmie mengatakan...

aku juga deh ikut aja ... thanks

Artikel Komputer mengatakan...

@Firdaus,@Padimin,@mastegar,@Andre Purvance,@Indonesia Hosting,@Copas Blog Amatir,@lira,@Free Your Mind :
Salam kenal
@hack-b
Salam kenal, sekarang blog saya juga sering dapat spam, mungkin solusinya harus di moderasi komentarnya, dan selektif mengapprove komentar.

M45-4DY mengatakan...

sip banet infonya bro...makasih banyak!

BISNIS PROPOLISKU mengatakan...

aduh...mas terima kasih banyak atas artikelnya saya jadi kepingin juga untuk mencobanya biar tau gitu nofollw atau dofollow soalnya masih gaptek berat nich

Anditya Nugroho mengatakan...

salam kenal

kpn2 maen ke blog saya di beardear.blogspot.com
hehehe

informasinya ok bgt tuh buat pemula ky saya

Walet Puti Medan mengatakan...

Salam kenal. Saya newbie yang ingin dan selalu ingin belajar... Tq

love-mom mengatakan...

nie baru artikel yang saya cari,...

FRW mengatakan...

Ikut ahhh...

Worlds Enterprise mengatakan...

lansung dicoba ilmunya mas

Retya mengatakan...

Sip dah mas,, lanjutkan posting mengenai SEO mas,,yang banyak

Mutiara Pembelajar mengatakan...

ah mikirin postingan aja masih pusing...mikirin yang engga-engga

damar mengatakan...

baru tw harus pake yg URL,selama ini pake google ID