Senin, April 06, 2009

Beberapa hal yang harus dihindari dalam optimalisasi SEO

Dalam melakukan optimalisasi Search Engine Optimization (SEO) terkadang melupakan hal-hal yang sebenarnya dilarang oleh Google. Jika anda melakukannya, maka besar kemungkinan blog anda akan mengalami penurunan page rank, dan fatalnya blog anda bisa dibanned (diblokir) oleh google. Maka usaha anda selama ini akan sia-sia.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam optimalisasi SEO

1.Mengabaikan Judul Tag
Sebagian besar mesin pencari mempertimbangkan "Title tag" sangat penting. Mesin pencari umumnya menampilkan konten yang Anda berikan di Judul tag. Karena itu, kata kunci "keyword" yang paling penting di Judul tag. Jangan meninggalkan Judul tag kosong atau ada kata-kata yang tidak relevan dengan isi (content) postingan,

2. Kata kunci (keyword) tidak relevan
Webmaster menggunakan beberapa keyword yang tidak relevan dengan tema web, tapi banyak dicari orang, kata kunci tersebut digunakan untuk mengarahkan trafik ke situs mereka. Dengan harapan mendapatkan trafik yang tinggi. Setelah anda mengoptimalkan website anda untuk meningkatkan usaha Anda. Katakanlah misalnya, anda memiliki sebuah website di mana Anda menjual Desktop Komputer. Untuk meningkatkan trafik, anda menggunakan kata kunci "Britney Spears" seluruh konten Anda, META tag, dan tag Judul. Orang yang mencari "Britney Spears" mencapai halaman Anda. Namun, ketika mereka menemukan bahwa website anda tidak kaitannya dengan "Britney Spears", mereka akan pindah dari situs Anda dengan cepat, karena merasa tertipu. Anda tidak mendapatkan apa-apa dari trafik. Bahkan google akan mencurigai tindakan anda ada unsur spam.

3.Spamming
Spamming adalah praktek tidak etis untuk menggunakan kata kunci yang sama berulang kali di Judul tag META tag, dan Badan teks. Beberapa Webmaster lihai menggunakan teknik ini untuk meningkatkan ranking situs. Namun, mesin pencari (crawl/google bot) dapat mengetahui Spamming dan mereka menurunkan peringkat dari situs-situs yang menggunakan Spamming.

4. Teks & Link yang tidak tampak (Invisibe Text)
Ini adalah salah satu Webmaster trik untuk menipu search engine atau pengunjung web anda. Teks atau link tidak kelihatan oleh pembaca (karena warna teks sama dengan warna background halaman web) tetapi akan terlihat oleh mesin pencari. Saat ini, mesin pencari memiliki script intelijen untuk mengetahui hal ini. Jika anda menggunakan trik ini, mesin pencari dapat mengirimkan situs Anda ke dalam kategori situs yang layak di banned

5. Link dari dan ke Situs Buruk
Link merupakan salah satu unsur utama untuk meningkatkan page rank situs anda. Usahakan mendapatkan link yang berkualitas, yaitu link dari situs yang masih satu kategori (tema) dengan blog anda. Terkadang anda melakukan link ke situs yang sudah di banned atau situs tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya. Anda harus menghindari bad link seperti ini agar tidak di banned oleh google. Anda harus melakukan pengecekan berkala terhadap situs yang anda ajak bertukar link.

6. Invalid HTML
Bila Anda memiliki Website, yang mengandung kesalahan kode HTML , ini adalah pertanda buruk di search engine, meskipun kontent telah dioptimalkan. Bila situs Anda memiliki kesalahan kode HTML, maka akan lambat loadingnya, dan dapat menurunkan peringkat situs anda.

7. Memiliki terlalu banyak Grafis di halaman Anda
Mesin pencari melihat Websites yang mengandung banyak gambar (grafis) tidak akan membantu anda untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik. Karena dengan banyaknya gambar akan membuat halaman Anda lambat loadingnya.Untuk meningkatkan peringkat di search engine, ada kata kunci kaya konten, bukan grafis.





Artikel Terkait :



20 komentar:

rifaabe mengatakan...

mas cara optimasi blog yang bener itu harusnya kayak gimana

Artikel Komputerku mengatakan...

Kalo masalah teknis biasanya tiap pengembang web punya teknik dan karakter sendiri, tetapi pedoman umumnya bisa dilihat disini

Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 mengatakan...

mas kalau bisa berada di posisi pertama dengan kata kunci yang saya inginkan gimana caranya? akasih ya infonya.

Artikel Komputerku mengatakan...

Sebenarnya kontes SEO kampanye damai pemilu 2009, merupakan ajang persaingan master SEO dari golongan hitam, abu-abu, dan putih, karena tanpa aturan.
Untuk menang di kontes seperti ini sangat sulit,secara pribadi saya memberikan opini dari pengalaman belajar seo yang masih awam:
1.Pertama blog anda bertemakan politik (jika blog bertemakan komputer, lebih baik buat blog baru, yang bertema politik)
2.Judul dan nama blog anda sebaiknya menggunakan keyword lomba:misalnya:
a. Kampanye Damai Pemilu 2009
(http://kampanyedamaipemilu2009.blogspot.com)
b. Kampanye damai pemilu 2009 Oke
(http://kampanyedamaipemilu2009oke.blogspot.com)
3. Buat postingan sebanyak2nya dengan judul Kampanye damai pemilu 2009 misalnya:
a. Blogger dukung kampanaye damai pemilu 2009
b. Tukang becak dukung kampanye damai pemilu 2009
c. Golkar dukung kampanye damai pemilu 2009, dll
4. Buat isi postingan yang di dalamnya minimal ada 2 kata Kampanye damai pemilu 2009
5. Cari link berkualitas dari situs yang pr tinggi dan tema politik
6. Promosi situs ke situs social networking, forum, sharing informasi, blog direktori, dll.
7. Usahakan page rank terus naik dan pengunjung bertambah ke blog anda.(jika banyak yang berkunjung ke blog anda besar kemungkinan bisa masuk 10 besar penelusuran google)

trisna mengatakan...

Makasih tipsnya mas, aku lagi pingin belajar SEO nie, tapi kok malah mumet ya he he he

caang mengatakan...

Sangat berguna postingannya, terimakasih

Karyadi mengatakan...

Bagus mas untuk menambah pengetahuan pemula seperti saya ini. Tolong bagi bloger mania kunjungi blogku di :www.itku.co.cc

dhirgham mengatakan...

wah bags nich boz
arahannya

Dhar mengatakan...

Kalau link ke situs-situs reviews, buruk gak ya?

entertainMINE mengatakan...

wah saya baru tau invisible text itu.
artikel yang bagus.

worlds enterprise mengatakan...

thaks to sharing information, it's willie help me

admin mengatakan...

Dapatkan update lowongan kerja 2011 hanya di:

http://jobstreet-id.blogspot.com/

Mutiara Pembelajar mengatakan...

saya masih belum mengerti tentang spam kata kunci...saya akan mencarinya lagi di blog ini...barangkali ada

MediaQta mengatakan...

makasih banget atas informasinya. tapi maaf, saya mau tanya. maksudnya judul tag apa ya?jujur saya masih newbie dalam dunia blogger.

Herjamil mengatakan...

makasih sob infonya...
sangat membantu...

Catatan darmanto mengatakan...

Terimaksih tipsnya sobat,salam kenal dan salam sukses selalu ya...

Dwijayasblog mengatakan...

Setahu saya, template blogger belum bisa valid. Terus apa bedanya long tail keyword dengan repeated keyword?

Artikel Komputer mengatakan...

@MediaQta
Judul tag di blogspot merupakan keyword yang akan ditonjolkan pada judul postingan dengan harapan search engine lebih mudah mendeteksi keyword pada judul postingan, untuk mengoptimalkannya bisa dengan memodifikasi script template blogspot, atau jika mempunyai kemampuan matematis secara teoritis keyword yang akan dijadikan title tag bisa disimulasikan dengan melakukan perhitungan matematis dengan permutasi, permutasi siklis,matriks,deret,keyword density, sebagian saya telah membahasnya lebih lanjut di blog komputerseo.com
@Dwijayasblog
Template blogger juga punya kelemahan, saya lihat template blogspot dan wordpress masing-masing punya kelemahan dan kekurangan dan selalu diupdate pengembangnya (tim wordpress dan tim google)
Tentang long tail keyword dan repeated keyword
a.Long tail keyword , biasanya dikenal juga dengan istilah kata kunci berekor panjang, biasanya kata kunci yang yang terdiri dari beberapa kata (frase), untuk menentukannya bisa dengan perhitungan matematis atau lebih mudah dengan menjadikan frase tersebut sebagai anchor text
b.Repeated keyword
Perulangan kata kunci, untuk membuat perulangan kata kunci perlu mempertimbangkan aspek keyword blog, keyword postingan, keyword density, konvergensi keyword, divergensi keyword, jika anda mempunyai kemampuan matematis secara matematis bisa dibuat simulasinya dengan penggabungan analisis matematika dan analisis fisika
Biasanya beberapa tools yang tersedia di internet pernah saya bahas di situs komputerseo.com
seperti Keyword density tools mempunyai kelemahan salahsatunya belum menerapkan konsep permutasi siklis, dan teori matematik lainnya yang bersifat kompleks. Berdasarkan pengamatan saya, sepertinyaSearch engine Google sudah menerapkan permutasi siklis, salah satu penerapannya permutasi biasanya dalam penulisan keyword, url menggunakan tanda hypen "-" , misalnya keyword "SEO Blog" berbeda nilai permutasinya dengan "SEO-BLOG"

Tia maniz mengatakan...

ow ternyata seperti itu tow, hehehe newbie nih

alif mengatakan...

artikelnya bagus mas... saya senang ada artikel yang bisa untuk belajar seo mudah dari nol... terimakasih banyak mas.